Beranda > Psikoreligi > BEBERAPA ASPEK APLIKASI PSIKOTERAPI ISLAM Di WISMA SADEWA DI RSJ Prof. dr. SOEROJO MAGELANG

BEBERAPA ASPEK APLIKASI PSIKOTERAPI ISLAM Di WISMA SADEWA DI RSJ Prof. dr. SOEROJO MAGELANG

  1. Pengkajian
  2. Milleu terapi
  3. Hubungan tim kesehatan dengan pasien dan keluarga nya
  4. Modalitas Islami

  1. PENGKAJIAN
    1. Pengajian fokus data masalah keperawatan

Pengkajian keberagaman agama islam pada pasien gangguan jiwa.

  1. Milleu terapi

Menciptakan lingkungan dan suasana islami untuk memunculkan/ membangkitkan spiritualitas islam

  1. Hubungan tim kesehatandengan pasien dan keluarga
    1. Paradigma:Beribadah dan bekerja, bukan beribadah atau bekerja.
    2. Kesejatian/ ikhlas.
    3. Ittiba’/ mencontoh Nabi dan sahabat.
    4. Dakwah: tawadhu, sabar, ikhsan
    5. Modalitas islam
      1. Tarbiyah: usaha sadar untuk memahamkam konsepsi islam, sesuai kemampuan pasien.
      2. Islam Rahmatan lil ‘alamin: Islam sesuai untuk seluruh pasien, bertujuan menjadikan individu yang mampu beribadah sesuai kadarnya.

Misal: halusinasi yg mampu melaksanakan shalat, waham yg mampu berpuasa, MR yg mampu wudhu dsb.

KEPERAWATAN JIWA

APLIKASI PENDEKATAN KEPERAWATAN JIWA ISLAMI

DI RSJ Prof. dr. Soeroyo magelang

ž

  1. Pengkajiaan keberagaman agama islam pada pasien gangguan jiwa
    1. Pengkajian iman/ aqidah
    2. Pengkajian ibadah
    3. Pengkajian ilmu agama islam
    4. Pengkajian amal jama’i
  2. Klasifikasi keragaman agama islam pasien gangguan jiwa di wisma sadewa
    1. Diagnosa keperawatan

Mengikuti kaidah diagnosa keperawatan baku.

  1. Rencana tindakan keperawatan
  2. Tindakan keperawatan
  3. Evaluasi implementasi keperawatan jiwa islami
    1. Respon Subyektif dan Obyektif Pasien maupun Keluarga.
    2. Analisa respon pasien dengan mengaitkan dengan diagnosa, data dan tujuan.
    3. Planning atau rencana tindak lanjut.

refleksi kehidupan yang tercermin  dari aplikasi pendekatan spiritual jiwa islami adalah pasien mampu bersyukur bila gangguannya sembuh, ridho bila ada ketidak sempurnaan, mampu bersabar dan tawakal bila gangguannya tidak ada perubahan ataupun lebih parah.

v  Contoh intervensi keperawatan islami pada pas. pk

  • Membimbing pasien beristighfar.
  • Membimbing pasien tarik nafas dalam menggunakan nafas perut.
  • Membimbing pasien untuk duduk tenang.
  • Membimbing pasien untuk berwudhu.
  • Membimbing pasien untuk shalat.
  • Menejemen krisis.

v  Contoh intervensi perawatan pada pasien rpk

  • Mengidentifikasi penyebab, tanda gejala, respon,akibat bila marah.
  • Mengajarkan cara kontrol marah.
  • Mengajarkan akhlak tawadhu/ rendah hati.
  • Mengajarkan cara minum obat (doa, yakin, ikhtiar)

v  Contoh intervensi perawatan pada pasien halusinasi

  • Mengidentifikasi jenis, isi, frekwensi, waktu halusinasi.
  • Melatih cara kontrol halusinasi dengan nafas dalam, konsentrasi, ta’awudz.
  • Melatih cara kontrol halusinasi dengan bincang-bincang.
  • Melatih cara kontrol halusinasi dengan kegiatan (membaca qur’an dengan konsentrasi) tehnik reading.
  • Mengajarkan cara minum obat (doa, yakin, ikhtiar)

v  Contoh intervensi keperawatan islami pada pas. hdr

  • Mengidentifikasi nikmat Alloh yg ada pada dirinya.
  • Membantu pasien mengekspresikan rasa syukurnya dengan ucapan yang baik.
  • Membantu pasien untuk mengekspresikan rasa syukurnya dengan ibadah.
  • Membantu pasien untuk mengekspresikan rasa syukurnya dengan beramal jama’i/ bekerja.

Caution!!!!!!!

ž  Wahyu adalah: datangnya dari Alloh Yang Maha Mengetahui, sebagai pedoman hidup dan KEBENARANYA ADALAH MUTLAK.

ž  Ilham adalah: penemuan2 ilmiah yang ditemukan manusia, sebagai sarana kehidupan manusia, KEBENARANYA ADALAH KEBENARAN EXPERIMENTAL, kadang terbukti sesuai wahyu, atau sebaliknya, kadang terbantahkan oleh orang lain, kadang terbantahkan oleh diri sendiri.

ž  Al Qur’an

ž  وَإِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَى عَبْدِنَا فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّن مِّثْلِهِ وَادْعُواْ شُهَدَاءكُم مِّن دُونِ اللّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ -٢٣-

ž  Dan jika kamu meragukan (al-Quran) yang Kami Turunkan kepada hamba Kami (Muhammad), maka buatlah satu surah semisal dengannya dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.(Al Baqoroh 23)

ž  فَإِن لَّمْ تَفْعَلُواْ وَلَن تَفْعَلُواْ فَاتَّقُواْ النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ -٢٤-

ž  Jika kamu tidak mampu membuatnya, dan (pasti) tidak akan mampu, maka takutlah kamu akan api neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu yang disediakan bagi orang-orang kafir.(Al Baqoroh 24)

ž  أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيراً -٨٢-

ž  Maka tidakkah mereka menghayati (mendalami) al-Quran? Sekiranya (al- Quran) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya.

ž

Aplikasi
Pendekatan spiritual islami

ž  Spiritual: keyakinan, semangat, sesuatu yg digunakan untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

ž  Bukan jampi-jampi/ mantra.

ž  Perpaduan psikofarmaka, psikoterapi suportif, doa.

ž  Tidak menjanjikan keajaiban.

ž  Dua jalur kesembuhan: jalur langit, jalur ikhtiar.

//

Iklan
Kategori:Psikoreligi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: