Beranda > Al Jihad > Pembangunan Sarana Wudlu Masjid Al Jihad

Pembangunan Sarana Wudlu Masjid Al Jihad

Latar Belakang

Hanyalah yang memakmurkan Masjid-masjid Allah SWT ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun selain kepada Allah), maka merekalah yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS. At-Taubah : 18).

Barangsiapa mendirikan karena Allah sesuatu Masjid, niscaya Allah mendirikan untuknya seperti yang telah ia dirikan itu, di dalam surga (HR. Bukhori dan Muslim).

Masjid berarti tempat untuk bersujud. Secara terminologis Masjid juga dapat diartikan sebagai tempat beribadah umat Islam, khususnya dalam melaksanakan Sholat. Masjid sering disebut sebagai Baituillah (Rumah Allah), yaitu rumah yang dibangun sebagai sarana untuk mengabdi kepada Allah.

Meskipun fungsi utamanya sebagai tempat untuk melaksanakan (menegakkan) Sholat, namun Masjid dapat digunakan untuk kegiatan umat Islam, misalnya tempat untuk mengkaji Al Qur’an, belajar membaca dan memahami Al Qur’an, kegiatan remaja Masjid, Taman Pendidikan Islam, Perpustakaan Islam, pengembangan kebudayaan Islam, dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Masjid Al Jihad merupakan tempat ibadah bagi umat Islam di lingkungan Rumah Sakit Jiwa Prof.dr. Soerojo Magelang. Jamaah Masjid    Al Jihad berasal dari staf karyawan, warga komplek, rehabilitan, serta pengunjung dan keluarga pasein RS. Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang.

Dengan bertambahnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, maka jumlah kunjungan yang datang ke rumah sakit semakin bertambah, sehingga jumlah jamaah yang menunaikan Sholat ke Masjid Al Jihad juga meningkat. Demikian juga hirroh dari staf / karyawan untuk melaksanakan Sholat berjamaah semakin meningkat pada jamaah Sholat harian maupun Sholat Jum’at.

Peningkatan jumlah kunjungan jamaah yang Sholat di Masjid Al Jihad ternyata belum disertai dengan sarana penunjang yang memadai yaitu Tempat Wudlu dan Kamar Mandi / WC yang mencukupi. Fasilitas tempat wudlu dan KM / WC yang ada sekarang sudah tidak mencukupi kebutuhan jamaah, sehingga perlu penambahan tempat wudlu dan KM / WC agar memenuhi syarat dan standard baik dari segi kesehatan maupun dari segi syariah Islam.

Tujuan

Tersedianya tempat wudlu dan KM / WC yang memadai dan representatif, serta menambah kenyamanan jamaah dalam beribadah.

Waktu

Pelaksanaan pembangunan tempat wudlu dan KM / WC Masjid Al Jihad akan dimulai pada Hari Senin Tanggal 28 Mei 2012 dan direncanakan selesai pada Tanggal  10 Juli 2012 (sebelum Bulan Ramadhan).

Lokasi Kegiatan

Lokasi kegiatan untuk pekerjaan ini adalah Masjid Al Jihad Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang JL. Jend. Ahmad Yani No.169 Magelang (sebelah selatan Masjid Al Jihad).

Biaya

Kegiatan Pembangunan Tempat Wudlu dan KM / WC direncanakan membutuhkan biaya sebesar  Rp. 63.130.339,00 (Enam Puluh Tiga Juta Seratus Tiga Puluh Ribu Tiga Ratus Tiga Puluh Sembilan  Rupiah).

Sumber Pendanaan

Sumber pendanaan kegiatan ini adalah: Kas Masjid Al Jihad, Pengurus LAZIZ Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang, Donatur dan Sumber – sumber lain yang halal dan tidak mengikat.

Kepanitiaan

Pembangunan Tempat Wudlu dan KM / WC Masjid Al Jihad dilaksanakan oleh Panitia Pembangunan Fasilitas Penunjang Masjid Al Jihad yang dibentuk bedasarkan SK Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa  Prof. dr. Soerojo Magelang Nomor : HK. 03.06/II/1029/2012 Tanggal  10 April 2012.

Sekretariat

Masjid Al Jihad, Komplek RS. Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang,   Jl. A. Yani Nomor 169 Magelang  Telp. 0293363601. Contact Person:   Purwono, S.Kep, Ns. (HP: 085743463889).

Penutup

Kami mengetuk hati Bapak /Ibu /Saudara untuk menyumbangkan sebagian harta guna terlaksananya Pembangunan Tempat Wudlu dan KM / WC Masjid Al Jihad Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soerojo Magelang. Sumbangan dapat ditransfer ke Nomor Rekening: 136-00-10777170-4 (Bank Mandiri Cabang Magelang a/n Pipin  Budi Haruretno).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: