Beranda > Psikoreligi > Aplikasi Psikoreligi Islam di RSJS

Aplikasi Psikoreligi Islam di RSJS

Acuan:

Dalam pelaksanaannya mengacu kepada hasil Workshop Psikoreligi Islam yang diselenggarakan pada tanggal 01 Ramadhan 1432 H. / 01 Agustus 2011. Sedangkan pengelolaan manajemen bangsal menggunakan pendekatan MPKP Prof. DR Budi Anna Keliat, S.Kp., M. App.Sc. Pendekatan Spiritual Psikoreligi  Islam yang dipakai dalam lebih banyak dimuat pada Pilar Ke 4 MPKP: Patient Care Delivery, sementara pada pilar ke 1,2, dan 3 muatan spiritualnya lebih bersifat sebagai suportif dan motivatif.

Pendekatan:

Beberapa pendekatan aplikasi Psikoreligi Islam di RSJS antara lain:

Assesment Spiritual: Adalah bentuk pengkajian dengan memasukkan item-item pertanyaan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman agama dan pengalaman spiritual klien.

Miliu Terapi (Terapi Lingkungan) Islami: Adalah menciptakan lingkungan dan adab-adab yang islami yang bertujuan untuk memperbaiki akhlak (Perubahan Perilaku Klien).

Komunikasi Terapetik Islami: Diperlukan untuk mencapai tujuan yang disepakati dan berdasarkan pada hubungan yang berbasis pada konsep ketuhanan dan kemanusiaan.

Terapi Modalitas Islami: Adalah bentuk terapi modalitas yang ada dan dikembangkan secara islami dengan mempertimbangkan kondisi psikis klien.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: